Kamis, 29 Agustus 2019

GUBERNUR SUMSEL MENGUNJUNGI BAYI PASCA OPERASI KEMBAR SIAM




Kunjungan orang nomor satu di Sumatera Selatan melihat perkembangan bayi pasca operasi bayi kembar siam di ruang NICU RSUP dr.Mohammad Hoesin Palembang, H.Herman Deru tiba di lobby gedung utama pukul 12.15 wib dan disambut oleh Direktur Utama RSMH beserta Jajaran Direksi, Kepala Dinas Kesehatan Prov.Sumsel serta stake holder lainnya, dan langsung menuju ke ruang perawatan NICU tempat bayi dirawat. Bayi kembar siam yang diberi nama oleh orangtuanya Aisha saat ini memasuki hari kedua pasca operasi pada selasa lalu (27/08) di ruang COT RSMH.

Menurut keterangan  dokter anak yang merawat bayi tersebut  dr.Rianova , mengatakan bahwa hingga hari ini perkembangan bayi aysha dalam keadaan stabil dengan berat badan pasca operasi 1700 kg dimana berat badan bayi total waktu lahir adalah 2340 kg.

Direktur Utama RSMH dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH mengatakan operasi bayi kembar siam telah dilaksanakan pada hari selasa lalu (27/08) yang melibatkan kurang lebih 30 orang tim medis gabungan dari tim dokter RSMH dan tim dokter dari RS dr.Sutomo Surabaya. Operasi berjalan dengan lancar dan memakan waktu selama 7 jam.

Buah hati pertama  pasangan suami istri Orin Safitri (26) dan Afit (30) lahir pada 12 agustus 2019, dan terlahir kembar siam parasit yaitu kembar siam jenis bayi kembar siam parasit yang menempel pada dinding dada bagian bawah, dinding perut dan panggul. Pada bayi kembar siam OS diketahui bahwa salah satu bayi tidak memiliki saluran tenggorokan (napas) dan tidak terbentuk paru-paru, sehingga bayi tidak bisa bernapas sendiri. Sedangkan bayi kembar yang satunya lagi memiliki saluran napas yang normal. Bayi yang tidak mempunyai saluran napas dan paru-paru tersebut selama ini mendapat oksigen dari bayi yang sehat. Keadaan ini menyebabkan beban bayi yang normal untuk menghidupi dirinya sendiri dan saudara kembarnya. Disamping itu rongga dada bayi parasit terisi hati dan usus dari bayi yang sehat. Kondisi ini menjadi dilema. Bila dibiarkan terus maka kondisi kedua bayi tersebut akan makin memburuk sehingga bisa menyebabkan keduanya meninggal. Disamping itu, pada bayi parasit juga dijumpai kelainan bawaan lahir lain yang memperberat kondisi bayi parasit. Kelainan bawaan lain yang menyertai bayi parasit adalah terdapat celah lebar pada bibir dan langit-langit mulut, kelainan jantung bawaan yang berat serta ukuran kepala yang kecil. 
  
Herman Deru menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada RSMH khususnya tim bedah operasi kembar siam atas keberhasilan operasi ini, dan perkembangan bayi Aysha yang stabil hingga hari ini dan seterusnya diharapkan tetap dalam keadaan baik seperti harapan kita semua. Kepada orangtua bayi Herman Deru berpesan untuk menjaga baik-baik amanah yang telah dititipkan oleh Allah SWT. Sebelum mengakhiri kunjungannya, Herman Deru menyempatkan diri untuk menyapa keluarga pasien yang berada di ruang tunggu perawatan NICU RSMH Palembang.

( Liputan Suhaimi/ Humas RSMH)


1 komentar:

  1. poker online dengan pelayanan CS yang baik dan ramah hanya di AJOQQ :D
    ayo di kunjungi agen AJOQQ :D

    BalasHapus