Rabu, 18 April 2018

STUDI BANDING RSUD Dr.MOEWARDI SOERAKARTA DI RSMH PALEMBANG


STUDI BANDING RSUD Dr.MOEWARDI SOERAKARTA DI RSMH PALEMBANG

RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang menerima kunjungan tim study banding dari RSUD dr.Moewardi Soerakarta pada kamis (19/2018) di ruang rapat direksi RSMH Palembang. Diterima oleh Direktur Utama RSMH dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH didampingi oleh Ketua Komite Mutu, Ketua PPI, Kepala Instalasi Performa, serta koordinator terkait. Kunjungan kerja kali ini difokuskan pada Pencegahan Pengendalian Infeksi (PPI) dan Pengelolaan Limbah serta akan melakukan kunjungan ke ruangan luka bakar/combustion di RSMH Palembang sebagai persiapan RSUD dr.Moewardi Soerakarta untuk menghadapi penilaian akreditasi JCI. Sebagai ketua tim study banding RSUD dr.Moewardi Soerakarta Dr.dr.Harsini,Sp.(K) beserta tim Sutarmi,S.Kep.Ns dan Endah Kusumaningsih,ST.
Dalam sambutannya Direktur Utama RSMH dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH memuji keberadaan dari RSUD dr.Moewardi saat ini yang mengalami pertumbuhan pesat dibanding dulu saat beliau pendidikan spesialis di sana. RSUD dr.Moewardi saat ini telah mengantongi gelar sebagai RS pendidikan kelas A Fakultas Kedokteran tengah mempersiapkan diri menghadapi penilaian akreditasi JCI. Dr.Syahril mengingatkan agar selalu berkomitmen untuk berfokus pada mutu dan keselamatan pasien. Meraih gelar JCI bukan hanya diatas kertas semata namun implementasi sehari-hari itu yang paling sulit untuk dilakukan.
Sebagai Kepala Instalasi Performa dan Pertamanan  Santi Sherlianti,S.Kep,Ners mengatakan bahwa RSMH  memiliki luas lahan 22 hektar  dengan 29737 produksi limbah dari jumlah tersebut limbah  yang diolah 4672 (plabot infus dan dirigen HD) dan diolah dengan incinerator sebanyak 17637. Artinya dengan nilai tersebut mengalami penurunan dari jumlah limbah yang diangkut oleh DKK karena sebagian besar limbah telah diolah sendiri dan didaur ulang seperti contoh dijadikan pembuatan pupuk kompos. Pemantauan kualitas dari limbah dilakukan secara berkala, ada yang setiap hari, 1 bulan dan 6 bulan. Keberhasilan dalam pengelolaan limbah di RSMH ini juga tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak terutama komitmen kuat dari managemen RSMH.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar