Minggu, 18 Maret 2018

Seminar Keperawatan (HUT PPNI ke 44)

" Seminar  Keperawatan Dalam Rangka HUT PPNI Ke - 44
Ketua DPW PPNI Provinsi Sumatera Selatan H.Subhan,SKM,MSi,,membuka acara : " Seminar  Keperawatan Dalam Rangka HUT PPNI Ke - 44 dengan Tema " PENINGKATAN PERAN SERTA PERAWAT DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN YANG BERKUALITAS MELALUI  PENERAPAN STANDAR DIAGNOSIS KEPERAWATAN INDONESIA ( SDKI) & PRAKTIK MANDIRI KEPERAWATAN " 

Dikatakan, momentum ulang tahun PPNI, pada 17 Maret 2018 yang ke-44 tahun, digunakan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan perawat melalui “Gerakan Perawat Dalam Mendukung Praktik Keperawatan Mandiri”. Untuk mewujudkan gerakan tersebut, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPNI telah menetapkan Pedoman Praktik Keperawatan Mandiri sebagai panduan bagi semua perawat dalam melakukan praktik keperawatan mandiri guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
Ketua DPW PPNI Provinsi Sum Sel mengutip pernyataan ketua DPP PPNI bapak Harif Fadhillah bahwa praktik perawat mandiri ini, telah mendapat ijin dari negara sejak tahun 2001 dari Kementerian Kesehatan. Namun, dalam implementasinya banyak hambatan-hambatan yang terjadi terutama di dinas-dinas kesehatan di daerah, yang enggan mengeluarkan ijin praktik. Alasannya, kata dia, bila ijin diberikan, takut dianggap sama prakteknya dengan seorang Dokter dan dikhawatirkan akan membuat bingung masyarakat. Menurutnya, bisa dibayangkan jika seluruh perawat diberi kesempatan praktek mandiri selain dia bertugas di Rumah Sakit, Puskesmas, di Klinik atau dirumahnya, maka akan banyak cakupan-cakupan program kesehatan yang bisa diberikan, dititik tertentu pada perawat itu, dan diharapkan hal ini bisa dapat membantu dalam berkontribusi terhadap pencapaian target-target pemerintah di bidang kesehatan.
Semetara itu Ketua Panhut PPNI ke -  44 Ners Lukman,SKM,M.Kep,MM melaporkan peserta Seminar hari ini di ikuti kurang lebih 500 peserta dari seluruh RS, Dinas Kesehatan, Puskesmas,Himpunan Seminat,Stikes,Akper,  dan pengurus DPW,DPD,DPK, PPNI di Sumatera Selatan. Dengan Narasumber yang handal dari DPP PPNI antara lain :
1. Ns Aprisunadi,M.Kep,Sp.KMB,  topik : "Kebijakan dan Peraturan PPNI pada penerapan SDKI " 
2.Ernawati ,SKp,Sp.KMB, topik " Konsep dan Penerapan Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia ( SDKI) "
 3.Ns.Muhammad Adam,S.Kep,M.Kep,Sp.KMB. topik " Aplikasi SDKI dalam Praktik Keperawatan Mandiri "
Kegiatan seminar  ini adalah salah satu rangkaian pelaksanaan  kegiatan Hut PPNI ke 44 tahun ini.  Insya Allah besok, Minggu/ 18 Maret 2018 Puncak Acara Kegiatan, bertempat di Halaman Perkantoran RSMH Palembang,dimulai pukul 06.00 sd Selesai diawali dengan Jalan Sehat, yang rencananya dihadiri Direksi RSMH Palembang untuk melepas Jalan sehat, dilanjutkan  Senam Germas ,pembagian Hadiah Cerdas Cermat, Hiburan dan pembagian Door Frize yang menarik kepada peserta.

Kesimpulan  Hasil Seminar :
1. Semakin lengkap profesi yang dibutuhkan dalam pelaksanaan Praktek Perawat, semakin dapat menjamin Mutu Praktik dan Keselamatan Klien dalam.Asuhan Keperawatan yang diberikan oleh perawat.
2. SDKI tidak hanya bermanfaat dalam.pelayanan dan pendidikan, namun dapat masuk ke dalam Sistem.JKN sebagai upaya peningkatatan mutu pelayanan.
3. SDKI juga diharapkan dapat bermakna dalam.aspek penghargaan dan kesejahteraaan serta perlindungan bagi perawat.
Alhamdulillah Seminar Keperawatan hari ini berjalan dengan.lancar dan Sukses,berkat kerjasama dan kekompakan seluruh panitia.      - Hidup PPNI,,,
- Hidup Praktik Keperawatan
- PPNI Jaya
Anie Gumay ( Humas )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar