Rabu, 21 Maret 2018

PERINGATAN HARI TB SEDUNIA di RSMH Dr. Welly. Himbau Perilaku Hidup Sehat


PERINGATAN HARI TB SEDUNIA di RSMH
Dr. Welly. Himbau Perilaku Hidup Sehat

Penyuluhan Kesehatan hari ini dilaksanakan ditaman Edukasi RSMH Palembang,dalam rangka Hari TB Sedunia dengan Tema " Temukan, obati, Sampai Sembuh Tuberkulosis " yang seyogyanya bertepatan pada tanggal 24 Maret setiap tahunnya.
Pada pembukaan Edukasi penyuluhan kesehatan hari ini dibuka oleh Direktur Keuangan RSMH Palembang ( Dr. Welly Refnealdi,M.Kes)..Beliau dan menghimbau masyarakat untuk selalu membiasakan diri berprilaku hidup sehat juga bahaya penyakit TB, menghibau kepada masyarakat ,bila memiliki gejala TBC, segera periksakan ke puskesmas atau Rumah Sakit terdekat pada kesempatan itu juga beliau juga memberikan informasi pelayanan yang ada di RSMH kepada masyarakat tentang kompetensi dari masing masing Narasumber RSMH hari ini terdiri dari profesional Penyakit dalam,spesialis paru,propesional kesehatan Anak dan profesional profesional lainnya.
Direktur keuangan menyambut baik kegiatan penyuluhan kesehatan ini yg dilaksanakan kerjasama dengan Instalasi Pelayanan Pelanggan ,PKRS dan Humas setiap bulan dan bila ada peringatan peringatan hari kesehatan lainnya.
Penyuluhan kesehatan yang pertama diberikan oleh narasumber Dr.RALinda,Sp.PD,Finasim, tentang Tuberkulosis ( TBC ).Masing masing narasumber menyampaikan kepada peserta tentang :
Apa itu TBC ?  Tuberkulosis (TBC)  adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman TBC ( Mycobacterium Tuberculosis).Kuman ini menyerang tubuh manusia terutama pada paru,TBC bukan penyakit turunan, bukan disebabkan oleh kutukan ataupun guna - guna.
Bagaimana penularan TBC ? Kuman TBC keluar ke udara melalui  dapat/ percikan dahak) pada saat penderita TBC ,bersin, atau berbicara.
- Kuman TBC yang keluar, terhirup oleh orang lain melalui saluran pernafasan.
- Jika daya tahan tubuh lemah, orang tersebut menjadi sakit TBC.
- Jika daya tahan tubuh kuat, orang tersebut akan tetap sehat.

Gejala utama : Batuk, demam meriang, batuk berdahak,nyeri dada,berkeringat tanpa sebab,nafsu makan, berat badan menurun. Menurut 2 narasumber lainnya  Dr.Zen Ahmad,Sp,PD.( KP) Dr.Fifi Sofiah,Sp.A ( K) Respirologi Anak,Gaya hidup sehat dan pencegahan TBC yaitu dengan :  
1.Makan yang bergizi 2.Membuka Jendela agar rumah mendapatkan cukup sinar matahari dan udara segar.
3. Menjemur alas tidur agar tidak lembab
4.Mendapatkan suntikab vaksin BCG bagi anaj usua dibawah 5 tahun untuk menghindari TBC berat ( meningitis dan milier).

.Sesuai dengan program Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia  yaitu " PEDULI  TBC, INDONESIA SEHAT " dengan TOSS TBC yaitu Temukan ,Obati, Sampai Sembuh Tuberkulosis .
Acara penyuluhan kesehatan hari ini diankhiri dengan hiburan dan pembagian snack dari penyelenggara kegiatan .

Anie Gumay ( Pranata Humas RSMH )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar