Rabu, 08 Maret 2017

RSMH Palembang/Selamat Hari Ginjal Sedunia, Yukkk jaga kesehatan ginjal kita...



Selamat Hari Ginjal Sedunia,
Yukkk jaga kesehatan ginjal kita...

Selamat Hari Ginjal Sedunia. Setiap tahun, tiap tanggal 9 Maret, masyarakat dunia ramai-ramai menggalang kampanye kesehatan bagi ginjal. 
Hari Ginjal Sedunia adalah kampanye global untuk meningkatkan kesadaran pentingnya ginjal bagi kesehatan dan untuk menurunkan dampak penyakit ginjal serta masalah lainnya.
Penyakit Ginjal Kromis (PGK) adalah salah satu penyakit tidak menular oleh 1 dari 10 orang di dunia. PGK tidak dapat diobati dan dapat menyebabkan penderita membutuhkan perawatan seumur hidup.
Seiring meningkatnya angka penyakit ginjal, Hari Ginjal Sedunia berperan penting dalam mengedukasi masyarakat dalam upaya pencegahan dan deteksi dini penyakit ginjal.
Maka, dalam rangka hari ginjal sedunia, RSMH Palembang mengadakan penyuluhan mengenai penyakit ginjal pada hari Kamis, 9  Maret 2017 bertempat di halaman Taman CFC RSMH Palembang.
Sebagai narasumber Dr.Novadian, Sp.PD, yang memberikan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan ginjal. Tema tahun ini adalah “Penyakit Ginjal dan Obesitas : Hidup sehat untuk ginjal”. Tema ini mengajak masyarakat melakukan perubahan pola hidup sehat untuk mencegah obesitas agar tidak terkena penyakit ginjal.
Salah satu penyebab penyakit ginjal adalah obesitas. Pada orang dengan obesitas, organ ginjal harus bekerja lebih berat, menyaring darah lebih banyak daripada normal untuk memenuhi tuntutan metabolik yang meningkat sesuai berat badannya.
Peningkatan fungsi tersebut dapat mengakibatkan kerusakan ginjal dan meningkatkan risiko terjadinya PGK dalam jangka waktu yang lama.
Orang dengan obesitas lebih berisiko 83 persen untuk menderita PGK dibandingkan orang dengan berat badan normal. Menurunkan berat badan berlebih dan mencegah terjadinya diabetes, hipertensi dan penyakit jantung akan menurunkan risiko penyakit ginjal.
@Humas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar