Senin, 11 November 2019

MANFAAT STRECHING ATAU PENGULURAN OTOT


MENGENAL MANFAAT STRECHING 
By Naimah Sahurriyah, SST.FT


 Artikel

Apa itu streching? adalah sebuah proses yang menempatkan satu bagian tubuh pada posisi otot memanjang dan berasosiasi dengan jaringan lunak sekitarnya.
Stretching dapat dilakukan secara statis maupun dinamis. Stretching secara statis lebih berfokus menahan otot hingga berkontraksi mendekati batasan jangkauannya selama 10 – 20 detik, sedangkan stretching dinamis dilakukan dengan peregangan otot dengan gerakan berulang tanpa menahannya untuk berkontraksi. Stretching statis akan lebih efektif dalam relaksasi otot, sedangkan stretching dinamis membantu fleksibilitas otot dalam melakukan gerakan
Dikutip dari brad walker, keuntungan streching pada tubuh adalah :
1.      Meningkatkan luas gerak sendi
Dengan meningkatnya luas gerak sendi dapat menurunkan ketegangan otot, meningkatkan kenyamanan, kemampuan bergerak dengan bebas dan mengurangi resiko cidera pada otot dan tendon.
2.      Meningkatkan Power
Hal ini dapat meningkatkan kemmapuan atletik kita, juga mneningkatkan keseimbangan dinamik atau kemampuan untuk mengontrol otot kita.
3.      Mengurangi nyeri setelah Latihan
Pada saat kita berolahraga misalnya : lari atau fitness untuk pertama kali, biasanya keesokan harinya otot terasa kaku dan nyeri bahkan sampai kesulitan pada saat turun tangga. Hal ini diakibatkan adanya kerusakan kecil, penumpukan darah dan akumulasi produk sisa seperti asam laktat. Dengan streching dapat meringankan nyeri, meningkatkan sirkulasi darah dan membuang produk sisa tersebut.
4.      Mengurangi kelelahan
Peningkatan fleksibilitas dengan streching pada otot dapat mencegah kelelahan otot, karena jika otot lebih fleksibel maka otot tidak membutuhkan usaha yang besar saat berkontraksi.
5.      Memperbaiki postur
6.      Meningkatkan koordinasi
7.      Meningkatkan body awarness

Seperti halnya kebanyakan aktifitas, maka terdapat aturan dan panduan agar kita melakukannya dengan aman, hal yang sama pada streching.
Tidak ada streching yang buruk atau yang bagus, hanya streching mana yang cocok bagi kita. Dalam hal ini perlu banyak informasi yang harus kita gali. Maka streching pada masing-masing orang dapat saja berbeda tergantung kondisi dan tujuan seseorang.
  
Adapun hal-hal penting yang harus kita perhatikan pada saat streching adalah :
1.      Jika otot yang akan di streching tidak dalam kondisi baik atau sedang cidera maka hindari area tersebut.
2.      Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum streching. Karena melakukan streching tanpa pemanasan seperti halnya mengulur karet kering, dapat mencederai jaringan.
3.      Streching sebelum dan sesudah latihan/ berolahraga. Streching sebelum latihan berguna untuk mencegah cidera sedangkan streching sesudah latihan berguna untuk recovery otot dan tendon.
4.      Streching dengan lembut dan perlahan. Hal ini untuk menghindari kerobekan dan strain otot akibat gerakan yang berulang secara cepat dan menghentak.
5.      Streching tidak menimbulkan nyeri, harus relax dan menyenangkan. Karena ketika otot yang di streching menimbulkan nyeri maka pada tubuh akan menimbulkan efek mekanisme pertahanan, hal ini akan memproteksi otot dan tendon sehingga mencegah penguluran / streching.
6.      Bernafasla perlahan ketika melakukan streching. Hal ini dapat mengurangi ketengan otot, merelaksasikan otot, meningkatkan aliran darah dan meningkatkan suplai oksigen dan nutrisi ke oto

(Leni /PKRS)

1 komentar:


  1. agen365 agen jud! online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    WA : +85587781483

    BalasHapus