Minggu, 03 Desember 2017

LAYANAN PENUNJANG : PUSAT STROKE RSMH PALEMBANG

LAYANAN PENUNJANG :  PUSAT STROKE RSMH PALEMBANG

Beberapa waktu lalu, RSMH Palembang melaunching pusat stroke dimana  ruangan ini menjadi salah satu layanan penunjang yang dimiliki oleh RSMH Palembang. Diresmikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Ishak Mekki pada tanggal 31 Oktober 2017 lalu. Dalam launching Pusat Stroke tersebut , diadakan penandatanganan perjanjian kerjasama RSMH Palembang dengan RS PON Jakarta tentang Rujukan  Pelayanan, Pengembangan SDM dan Penelitian di bidang Neurologi.
Stroke telah menjadi masalah global dimana penyakit stroke telah menjadi kprihatinan dunia mengingat dampaknya yang begitu besar, stroke merupakan penyebab kematian pertama dan penyebab kecacatan banyak orang. Setiap menit satu orang meninggal akibat stroke untuk itu penanganan stroke tidak bisa hanya melibatkan satu displin ilmu saja namun perlu melibatkan banyak displin ilmu.
Hal inilah yang mendorong RSMH Palembang untuk membangun Pusat Stroke dan terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, lalu apa yang membedakan pusat stroke ini dengan ruangan lainnya??
Menurut Dr.Achmad Junaidi ,Sp.S sebagai  Kepala Departemen Neurologi RSMH Palembang, Pusat Stroke merupakan layanan terhadap penyakit stroke yang komprehensif dan terpadu dengan standar Internasional. Pasien stroke akut dalam waktu kurang dari 24 jam akan dipindahkan ke ruangan ini untuk mendapatkan pelayanan  dengan melibatkan semua disiplin ilmu seperti  Spesialis Penyakit Dalam dan Jantung, Spesialis Bedah  dll.  Dr.Junaidi mengatakan bahwa saat ini semua standar telah dipenuhi , diantaranya dari sarana dan prasarana, ruangan, maupun Tenaga kesehatan didalamnya. Kapasitas tempat tidur diruangan ini sebanyak  6 tempat tidur,  terdapat pemeriksaan DSA atau Digital Subtraction Angiografi yang berfungsi untukmelihat gambaran pembuluh darah di seluruh bagian tubuh seperti di kaki , perut , tangan , kepala , leher , dada dan lain-lain didukung dengan peralatan medis lainnya seperti CT-Scan , Ct Angioraphy , MRI dll untuk menunjang menegakkan suatu diagnosa penyakit.
Dengan adanya pusat Stroke di RSMH Palembang diharapkan  pelayanan pada pasien stroke fase akut akan semakin lebih baik dan komprehensif sehingga angka kematian akibat penyakit stroke dapat  diturunkan.

#yeri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar