Jumat, 08 Desember 2017

KUNJUNGAN KERJA KOMISI IX DPR RI KE RSMH PALEMBANG


KUNJUNGAN KERJA KOMISI IX DPR RI KE RSMH PALEMBANG

Sesuai dengan jadwal kunjungan kerja Panja Pengawasan INA CBGs Komisi IX DPR RI ke RSMH Palembang, pada hari Jumat (8/12) diterima oleh Direktur Utama RSMH Palembang beserta Jajaran Direksi, Direktur BPJS Dr.dr.H. Bayu Wahyudi. SpOG. MPHMKes.MM, beserta Deputi Cabang BPJS serta Jajarannya ,Dewan Pengawas RSMH, Ka.Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan,Pimpinan RS Mitra BPJS Se-Kota Palembang serta tamu undangan lainnya.

Kunjungan kerja kali ini membahas tentang pengawasan INA CBGs tarif BPJS."INA-CBG’s merupakan sistem pengelompokan penyakit berdasarkan ciri klinis yang sama dan sumber daya yang digunakan dalam pengobatan.“Pengelompokan ini ditujukan untuk pembiayaan kesehatan pada penyelenggaraan jaminan kesehatan sebagai pola pembayaran yang bersifat prospektif, arti dari Case Base Groups (CBG) itu sendiri, adalah cara pembayaran perawatan pasien berdasarkan diagnosis-diagnosis atau kasus-kasus yang relatif sama.

Kunjungan kerja kali ini diketuai oleh Hj.Dewi Asmara,SH,MH dengan anggota Dra. Hj.Okky Asokawati,Msi, Betty Shadiq Pasadigoe, Hj.Sri Wulan,SE, Dra. Hj.Tina Nur Alam, dan Krisna Mukti didampingi oleh staf ahli dari Kemenkes RI yaitu  Dr.Donald Pardede,MPPM sebagai staf ahli bidang ekonomi kesehatan, Drg.Doni Arianto,MIKM Kepala Bidang Pembiayaan Kesehatan, Dra. Prihatini Setiati,Apt,M.Kes Kasubdit Pemantauan Obat dan Perbekalan Kesehatan, Dr. Iin Dewi Astuti Kepala Seksi Pelayanan Penunjang Medik Dan dari Sekretariat Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Rifanny dan Inri Denna.

Dalam kunjungan kerjanya Komisi IX DPR RI , mengatakan bahwa sebuah RS harus terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, salah satunya melalui proses akreditasi saat ini Puskesmas yang ada dikota Palembang sebanyak 141 dan 65 RS yang belum semua terakreditasi. Berkaitan dengan persiapan menuju ASIAN Games 2018 , ini adalah kepercayaan dunia mengadakan event berskala internasional di Indonesia yaitu di kota Jakarta dan Palembang dimana terakhir Indonesia menjadi tuan rumah di tahun 1962. Adapun RS yang ditunjuk menjadi mitra rujukan adalah RSMH Palembang, RS Siloam, RS Charitas dan RS Siti Khodijah. Penunjukan ini berdasarkan kelas Akreditasi dan jarak tempuh dari venue.

Komisi IX DPR RI yang menaungi bidang kesehatan  dan ketenagakerjaan  mengingatkan setiap RS  tidak hanya asal dalam menjalankan fungsi namun harus berfokus pada keselamatan pasien, itu menjadi hal yang mutlak dan harus dipatuhi.Kedepannya Komisi IX DPR RI meminta semua stake holder yang terkait untuk bekerja sama menyelesaikan masalah kesehatan terkait dengan pembiayaan kesehatan masyarakat dan memberikan laporan tertulisnya kepada komisi IX DPR RI sebagai  bahan perbaikan dan dibahas dalam rapat kerja DPR.

#yeri

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar