Sabtu, 24 Juni 2017

Shalat Idul Fitri, 1 Syawal 1438 H/2017 di RSMH




Ribuan Umat Islam
Padati Lapangan Parkir RSMH Palembang

Para Direksi dan Karyawan serta  Masyarakat yang ada disekitar Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang, memadati Lapangan Parkir Gedung Utama RSMH Palembang  untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri, 1 Syawal 1438 H/2017 H.Pelaksanaan Shalat Ied yang dilaksanakan pukul 7.35 WIB, bertindak sebagai khatib dan imam, Dr. Muhammad Adil, MA (Dosen Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang) sedangkan  sebagai Bilal H. iskandar SE, M.Si dan H. Aminuddin SH, SKM, M.Kes ( RSMH Palembang ). Dr. Muhammad Adil, MA dalam khutbahnya berjudul ‘ Belajar dari Bulan Penuh Berkah untuk Membangun Peradapan Manusia”


Kita berkumpul di tempat ini untuk merayakan, bergembira dengan membesarkan nama Allah atas kemenangan umat muslim berpuasa selama satu bulan," kata Muhammad Adil. Hikamh dari peristiwa Ifthar (berbuka) bahwa sebagaimana disebutkan  Dalam hadis qudsi Allah Ta’ala berfirman,
للصائم فرحتان، فرحة عند فطره، وفرحة عند لقاء ربه
Bagi orang yang melaksanakan puasa ada dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabbnya.(muttafaq ‘alaihi).

Berpuasa mengajarkan kita tentang banyak hal salah satunya pengaturan kebiasaan pola makan yang sehat. Sebuah penelitian tentang pencernaan bahwa untuk setiap makanan yang kita makan setiap hari membutuhkan waktu delapan jam agar makanan dapat dicerna oleh organ pencernaan. Ke mudian barulah organ-organ itu dapat beristirahat. Mengatur pola makan yang sehat harus juga menjaga menjaga keseimbangan agar fisik tetap bugar dan seimbang yaitu dengan disertai   berolahraga yang teratur. 

Pada bagian akhir khutbahnya khatib DR. Muhammad Adil menyampaikan agar umat Islam pasca Ramadhan bisa menerapkan nilai-nilai puasa. Kemenangan yang diraih selama menjalankan ibadah puasa harus tercermin dalam kehidupan sehari-hari. 

(Suhaimi- Humas RSMH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar