Rabu, 14 September 2016

PENYAKIT TONSILITIS



TONSILITIS

 

Penyakit tonsilitis adalah infeksi yang terjadi pada tonsil atau amandel yang biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri. Kebanyakan atau umumnya infeksi tonsilitis ini terjadi pada anak yang masih berusia muda sekitar 5 hingga 15 tahun. Kondisi ini dapat terjadi kadang-kadang atau sering kambuh. Pada bagian belakang tenggorokan Anda (terletak di antara kotak suara dan tonsil), dua massa dari jaringan yang disebut amandel berperan sebagai filter, menjebak kuman yang bisa masuk saluran udara dan menyebabkan infeksi. Amandel juga memproduksi antibodi untuk melawan infeksi. Tapi kadang-kadang amandel sendiri menjadi terinfeksi. Kewalahan oleh bakteri atau virus, mereka membengkak dan meradang, kondisi inilah yang dikenal sebagai tonsilitis.


Instalasi Pelayanan Pelanggan, PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit dan Humas) & humas bekerjasama dengan Departemen THT memberikan penyuluhan kepada pasien dan keluarga yang diadakan di ruang tunggu poli rawat jalan Lt.3. Narasumber penyuluhan kita kali ini dr. Lisa Apri Yanti, Sp.THT,K-L.



Pada penyuluhan tersebut, dr. Lisa menjelaskan bahwa dalam ilmu medis atau kedokteran, radang tonsillitis ini terbagi menjadi dua berdasarkan lama berlangsungnya penyakit. Kedua bagian tersebut adalah tonsilitis akut dan tonsilitis kronis.
a.    Tonsilitis Akut
Tonsilitis akut adalah apabila penyakit atau keluhan yang diderita pasien berlangsung kurang dari 3 minggu. 

             Gambaran untuk tonsillitis akut seperti tampak pada gambar dibawah ini :

 
  
b.    Tonsilitis kronis
Tonsilitis kronis  apabila radang terjadi sebanyak 7 kali dalam kurun waktu satu tahun, atau 5 kali dalam kurun waktu dua tahun, atau 3 kali dalam kurun waktu satu tahun secara berkala selama tiga tahun. 

  
 
  Penyebab :

ž  Tonsilitis Akut
¡  Tonsilitis Viral
¡  Tonsilitis Bakterial
ž  Tonsilitis Membranosa
¡  Tonsilitis Difteri
¡  Tonsilitis Septik
¡  Angina Plaut Vincent
¡  Penyakit Kelainan Darah
¢  Leukimia akut
¢  Angina Agranulositosis
¢  Infeksi mononucleosis


 Gejala-gejala atau tanda yang dialami penderita penyakit tonsillitis diantaranya adalah:
  1. Penderita mengalami pilek, batuk, mulut berbau, mual, suara serak, nyeri perut, dan terjadinya pembesaran kelenjar getah bening yang terdapat di sekitar bagian leher.
  2. Nyeri ketika menelan makanan dan minuman bahkan ludah, dan berakibat penderita menjadi malas untuk melakukan aktifitas makan.
  3. Ketika diperiksakan ke dokter, terdapat pembesaran tonsil atau amandel dan berwarna merah, terkadang ditemukan bercak putih ata eksudat dibagian permukaan tonsil, dan adanya warna merah yang bertanda adanya peradangan di sekitar bagian tenggorokan dan tonsil/amandel.
  4. Penderita mengalami sakit kepala, demam, lemas, menggigil, nyeri otot.
  5. Pada penderita tonsilitis kronis, penderita mendengkur ketika tidur dan disertai adanya pembesaran pada bagian kelenjar adenoid. Kelenjar adenoid adalah kelenjar yang letaknya di dinding bagian belakang antara rongga hidung dan tenggorokan.
  6. Penderita mengalami rasa kering pada tenggorokannya atau seperti ada yang mengganjal pada bagian leher.
  7. Rasa nyeri yang diakibatkan penyakit tonsilitis ini bisa menjalar ke sekitar bagian telinga dan juga leher.
Pengobatan Tonsilitis :
1.    Tirah  baring.
      2.   Cairan dalam jumlah yang cukup,
3.                             Makan makanan yang bergizi namun tidak terlalu padat dan    merangsang tenggorokan
4.    Analgetik diberikan untuk menurunkan demam dan mengurangi sakit kepala.
5.    Penyebab karena virus tidak perlu antibiotika à sembuh sendiri dalam 5-7 hari.
6.    Jika penyebab tonsilitis adalah bakteri maka antibiotik harus diberikan.
       Untuk perawatan dan pengobatannya dilakukan beberapa langkah sebagai berikut :
  • Diusahakan untuk minum banyak air atau cairan seperti sari buah, terutama selama demam.
  • Jangan minum es, sirop, es krim, makanan dan minuman yang didinginkan, gorengan, makanan awetan yang diasinkan, dan manisan.
  • Berkumur air garam hangat 3-4 kali sehari.
  • Menaruh kompres hangat pada leher setiap hari.
  • Diberikan terapi antibiotik (atas petunjuk dokter) apabila ada infeksi bakteri dan untuk mencegah komplikasi.
Tidak ada cara yang khusus bagi penyakit tonsilitis atau amandel ini dalam pencegahannya. Pada umumnya pencegahan dilakukan agar mencegah menularnya infeksi rongga mulut dan tenggorokan yang bisa mengakibatkan adanya infeksi tonsil. Tapi akan lebih baik jika usaha dibawah ini dilakukan. Diantaranya adalah:
  1. Lakukan kebiasaan mencuci tangan secara rutin dan sesering mungkin agar mencegah terjadinya penyebaran mikro-organisme atau bakteri yang bisa menimbulkan tonsilitis.
  2. Hindari kontak dengan penderita infeksi tanggorokan, paling tidak sampai 24 jam setelah penderita infeksi tenggorokan mendapatkan antibiotika dari dokter.
 (Tim PKRS: Len, Noy, Nas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar