Jumat, 16 September 2016

Gathering dan Silahturahmi Staf Medik

Gathering dan Silahturahmi Staf Medik

Dalam upaya memantapkan persiapan menuju penilaian Jci pada 28 November sd 2 Desember 2016 mendatang , maka perlu dilakukan Gathering dan silahturahmi bagi staf medik di lingkungan RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang.
Acara di hadiri oleh Direktur utama RSMH Palembang, Dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH beserta jajaran dan para staf medik dari masing-masing Departemen.
Dalam pengarahannya membuka acara tersebut dr.Syahril mengatakan bahwa tujuan dari penilaian akreditasi Jci adalah untuk menerapkan standar mutu dan keselamatan pasien, dengan dasar UU no.44 tahun 2009. RSMH saat ini sebagai RS Pendidikan kelas utama FK UNSRI kelas A dan rujukan Nasional. Dengan 5 program prioritas yaitu : Akreditasi JCI ,Pelayanan Publik, RS Rujukan Nasional,Performa RS dan Prestasi Nasional/ Internasional.
Strategi yang dilakukan menuju penilaian Akreditasi JCI :
1.Instruksi / edaran menghadapi JCI
2.Transformasi Budaya
3.Membentuk tim internal
4.Gathering
5.Pendalaman materi standar dan elemen akreditasi
6.Review terbuka rekam medik
7.Telusur fokus area penilaian: IGD,Intensif,Kemotherapi,HD dan IBS
8.Monitoring dan Evaluasi diunit kerja masing-masing
9.Simulasi standar akreditasi di unit kerja
10.Kelengkapan peralatan medis dan non medis
11.Roadshow Direksi
12.Pitstop JCI

Acara dilanjutkan dengan mendengarkan paparan/presentasi yang pertama dari Direktur Medik dan Keperawatan DR.dr.H.Alsen Arlan,Sp.B-KBD yang memaparkan apa saja yang harus dilakukan seorang DPJP antara lain diharuskan visite setiap hari,mengisi care plan pasien,penulisan inform consent harus jelas, kepatuhan akan pengisian Rekam Medik, membubuhkan tanggal,jam ,tandatangan dan nama di hasil pemeriksaan bila hasil tsb sudah dibaca dan masih banyak lagi kewajiban yang harus di patuhi oleh seorang Dokter PenanggungJawab Pelayanan (DPJP).
Presentasi yg kedua dr Ka.Departemen OBgin dr.Iskandar Zulkarnain,Sp.OG (K) yang memaparkan persiapan yang telah dilakukan oleh Departemen Obgin antara lain menyamakan komitmen,membentuk panitia lokal,konsultasi dengan narasumber, rapat pleno,persiapan SDM,Dokumen dan Fasilitas ,perubahan perilaku dan rencana tindaklanjut.
Presentasi ketiga disampaikan oleh Ka.Departemen Anak dr.Yusmala Helmi,Sp.A (K) berbeda dari departemen Obgin ,dr yusmala memaparkan persiapan dari Departemen Anak antara lain membentuk tim internalisasi akreditasi dan menindaklanjuti temuan dr hasil surveyor mock survey pada bulan april  lalu.
Acara ditutup oleh Direktur Keuangan Drs.Bastian,MM.
Menjawab tuntutan masyarakat yg semakin kompleks dalam memenuhi haknya memperoleh kesehatan, ini merupakan tantangan bagi RSMH untuk dapat terakreditasi Internasional.
Semoga  survey akreditasi JCI mendatang sukses dengan dukungan dari semua pihak. 
Humas@yeri/rita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar