Selasa, 15 November 2016

SNOEZELLEN




SNOEZELLEN

Pelayanan  Rehabilitasi Medik di RSUP Dr.Mohammad Hoesin sudah dimulai sejak tahun 1976, dan kini sudah semakin berkembang sesuai dengan perkembangan RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang .
Dalam memberikan pelayanan Rehabilitasi medik  bekerja  dalam satu tim yang terdiri dari Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik atau dokter umum yang mempunyai kemampuan dalam pelayanan  Rehabilitasi Medik, Fisioterapis,  Terapis Okupasi, Ortotik & Prostetik, Terapis Wicara, dan petugas tata usaha. Kasus –kasus yang memerlukan pelayanan Rehabilitasi Medik meliputi gangguan Muskuloskeletal, Neuromuskular, Pediatrik, Geriatrik, Kardiorespirasi dan cidera olah raga. Adapun bentuk pelayanan berupa pelayanan rawat jalan dan pelayanan rawat inap .
Pelayanan Unggulan Instalasi Rehabilitasi Medik Terdiri dari 2 Pelayanan :
a.     Pelayanan Hydroterapi
b.     Pelayanan Snoezellen
2 Pelayanan ini merupakan satu-satunya pelayanan yang ada di wilayah Sumatera Selatan bahkan yang pertama di  Sumatera. 
Apa itu Snoezellen? 
Snoezellen adalah suatu akfitas yang dilakukan untuk mempengaruhi sistem syaraf pusat melalui pemberian stimulus pada sistem sensori primer seperti visual (penglihatan), auditori (pendengaran), taktil (sentuhan), taste (pengecapan) dan smell (penciuman) serta sistem sensori internal seperti vestibular dan proprioceptif dengan tujuan untuk mencapai relaksasi dan aktifasi. 
Efek terapeutik dari terapi ini adalah : anak dapat menikmati permainan atau beraktifitas, anak rileks secara fisik dan mental, meningkatkan kesadaran anak, merangsang anak untuk berinisiatif dalam melakukan aktifitas dan meningkatkan kepercayaan diri anak. 
Syarat untuk mendapatkan pelayanan ini antara lain , pasien harus mendapat rekomendasi dari dokter, anak tidak sedang sakit (demam,batuk,pilek)  dan datang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan petugas. 
Pasien yang dapat diberikan pelayanan Snoezellen yaitu pasien anak-anak dengan gangguan ADHD (Attention Defisit Hyperaktif Disorder), Autis Spectrum Disorder, Cerebral Palsy dll. 
Humas#yeri+rita 
Sumber:rehabmedik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar