Selasa, 01 November 2016

KANKER DAN KEMOTERAP[I



50 %  pasien yang kanker akan menjalani pengobatan kemoterapi

Himpunan Perawat Onkologi Indonesia (HIMPONI) bekerjasama dengan RS. M. Husin Palembang, menyelenggarakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi perawat dalam pemberian kemoterapi selama  4 hari mulai hari ini Rabu,02  November 2016

Berdasarkan data, Lebih dari 50 % kasus pasien yang telah didiagnosis kanker akan menjalani pengobatan kemoterapi sebagai salah satu alternatif modalitas pilihan terapi. Seperti kita ketahui bahwa kemoterapi selain membunuh sel-sel kanker, juga akan mengganggu pertumbuhan sel tubuh yang normal. Manifestasi klinis dari kerusakan sel-sel tubuh normal tersebut, berupa rambut rontok, rasa mual, muntah, stomatis, penurunan nafsu makan, mukositis , perubahan status hematologi dan efek samping lainnya. Semua efek samping yang timbul merupakan masalah kesehatan tambahan yang bersifat sementara, disamping penyakit utama pasien yang memerlukan penanganan secara multidisiplin dan komprehensif. Disamping itu keamanan dan keselamatan perawat pada saat kontak dengan obat kemoterapi (safe handling ), juga perlu mendapat perhatian khusus. 

Aspek keperawatan sangat memegang peranan penting dalam penatalaksanaan pemberian kemoterapi. mulai dari saat disampaikannya informasi kepada pasien dan keluarga bahwa pasien akan menjalani pengobatan kemoterapi, penentuan protokol, jenis, dan dosis obat, tata cara pencampuran obat, safe handling, cara pemberian obat, serta asuhan keperawatan pasien, baik selama maupun setelah pemberian kemoterapi dilaksanakan.

Tujuan Pelatihan ini adalah umtuk meningkatkan mutu asuhan keperawatan pasien dengan kemoterapi melalui peningkatan kompetensi perawat  dengan harapan para peserrta setelah mengikuti pelatihan diharapkan peserta mampu :
1.   Memahami Konsep Dasar pemberian Kemoterapi
2.   Memahami proses replikasi sel
3.   Memahami Prinsip Pengobatan dan Penatalaksanaan Obat kemoterapi
4.   Memahami Farmakologi kemoterapi & Siklus sel
5.   Memahami Nutrisi pada pasien kanker dengan kemoterapi
6.   Melakukan Perawatan ekstravasasi
7.   Melakuka Penanganan Kemoterapi dengan aman ( Safe and Handling )
8. Melakukan manajemen perawatan Aspek Psikologis Pada Pasien Kemoterapi
9.   Melakukan Asuhan Keperawatan Pada Pasien Kemoterapi.
10. Melakukan Prosedur & Cara Pemberian Kemoterapi.
11. Melakukan Prosedur & Cara Penanganan spill out kemoterapi.

NARA SUMBER DAN FASILITATOR
1.            Dokter Spesialis Hematologi Onkologi Medik
2.            Dokter Spesialis Paru
3.            Dr. Spesialias Patologi Anatomi
4.            Ners Spesialis Onkologi

Sasaran Peserta Pelatihan Perawatan Pasien Kanker Dengan Kemoterapi adalah Perawat di lingkungan RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang dan perawat RS lain yang merawat pasien kanker. 



Liputan Suhaimi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar