Selasa, 09 Agustus 2016

PELAYANAN SNOEZELLEN DAN SENSORI INTEGRASI DI RSUP Dr. MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG



SOSIALISASI DAN PROMOSI PELAYANAN SNOEZELLEN 
DAN SENSORI INTEGRASI  GANGGUAN TUMBUH KEMBANG
RSUP Dr. MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG


Anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya yang mengalami kesulitan dalam konsentrasi, ketrampilan akademik, emosi maupun fisik. Dengan semakin meningkatnya pasien-pasien anak dengan kebutuhan khusus,   RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang menyediakan  fasilitas  pelayanan tumbuh kembang anak di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang yaitu berupa ruang Snoezellen dan Sensori  Integrasi .

Instalasi Rehabilitasi Medik bekerjasama dengan Instalasi Pelayanan Pelanggan,PKRS dan Humas mengadakan Sosialisasi & Promosi Pelayanan Snoezellen dan Sensori Integrasi Rehabilitasi Gangguan Tumbuh Kembang pada tanggal 9 Agustus 2016 bertempat di Ruang Pertemuan Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang.

Acara dibuka oleh Direktur Utama RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang Dr. Mohammad Syahril, Sp.P,MPH  didampingi Kepala Instalasi Rehabilitasi  Medik RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang  Dr.Herningsih, M.Kes sebagai ketua panitia acara dan sebagai pembicara acara sosialisasi ini adalah Dr.Yudianita, Sp.A, Dr.Jalalin, Sp.KFR, Sri Ramini, Amd.OT dan Titi Trisnowati, Amd.TW .


Kegiatan Sosialisasi dan Promosi ini diadakan bagi masyarakat sekitar terutama yang langsung berhubungan dengan anak-anak pada masa tumbuh kembang, seperti  guru-guru perwakilan TK, SLB dan  Rumah Sakit di Kota Palembang. Dalam kegiatan ini juga diadakan  hospital tour untuk memperlihatkan fasilitas terapi anak kebutuhan khusus pada fase tumbuh kembang dan memperkenalkan pelayanan baru tumbuh kembang anak di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang yaitu Snoezellen dan Sensori  Integrasi.

Snoezellen  adalah  suatu aktifitas  yang dilakukan untuk mempengaruhi system syaraf pusat melalui pemberian stimulus pada system sensori primer seperti visual (Penglihatan), auditori (Pendengaran), taktil (Sentuhan), taste (Pengecapan) dan   smell  (Pembauan)    serta system sensori internal  sepertivestibular dan  proprioceptif    dengan tujuan untuk mencapai relaksasi dan aktifasi. 


                                        SNOEZELLEN

Sedangkan Sensori Integrasi merupakan bentuk pelayanan terapi tumbuh kembang anak yang mengalami kesulitan dalam konsentrasi,ketrampilan kademik, persepsi pendengaran,keseimbangan,koordinasi bilateral, kesadaran tubuh, posisi tubuh, rasa nyaman melalui integrasi stimulasi sensori taktil, Proprioceptif dan Vestibular serta Lima Panca Indra.

                                                              SENSORI INTEGRASI

Acara sosialisasi ini bertujuan memberikan wawasan kepada peserta tentang deteksi dini dan cara mengenali anak-anak dengan gangguan tumbuh kembang di sekolah beserta perlakuan yang benar pada anak-anak dengan kebutuhan khusus sehingga dapat memberikan masukan dan saran kepada para orang tua agar anak-anak kebutuhan khusus ini mendapatkan penanganan yang tepat dan komprehensif yang berdampak pada peningkatan pelayanan di RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang khususnya Pelayanan Tumbuh Kembang di Instalasi Rehabilitasi Medik.

- t@.Humas RSMH Palembang -



Tidak ada komentar:

Posting Komentar