Rabu, 10 Agustus 2016

LAUNDRY



LAUNDRY RSMH

Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan di RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang, maka Instalasi Laundry melaksanakan peningkatan pengelolaan dan pemeliharaan linen Rumah sakit. Pengelolaan linen adalah perencanaan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian dan pengawasan terhadap linen. Untuk itu Instalasi Laundry sasaran yang diutamakan adalah kebersihan dan kerapihan dalam pengelolaan linen terutama linen yang akan ditranfer ke masing-masing unit, bagian dan Instansi, yang ada di RSMH Palembang.
Kepala Instalasi Laundry  Atrijal,ST,MM ditemui di ruangan kerjanya menceritakan  keunggulan dari Instalasi Laundry RSMH adalah telah dikonsep terpisahnya alur  infeksi dan non infeksi dalam pengelolaan linen baik dalam penerimaan linen masuk dan keluar,  cara pengelolaan maupun segi pemakaian mesin. Pemisahan alur infeksi/noninfeksi menjadi sangat penting untuk memutus mata rantai terjadinya penyebaran sumber  infeksi dari linen, ini juga yang akan menjadi penilaian RSMH sebagai rumah sakit berstandar internasional.  
 Melakukan penerimaan linen dengan cara :
-          Pemilahan
Memilah atau memisahkan antara linen infeksius dan non infeksius
-          Penghitungan
Setelah linen dipilah sesuai dengan jenisnya lalu dihitung jumlah linen tersebut 
-          Pencatatan

Setelah linen dihitung  jumlah linen tersebut dicatat ke buku exspedisi masing-masing pihak
-          Penimbangan
Linen yang telah dihitung, ditimbang dan disesuaikan dengan kapasitas mesin yang ada.
-          Perendaman
Linen infeksius dimasukan ke dalam bak perendaman yang telah diberi clorine selama 10 menit.
-          Penyepulan
Linen yang masih terkena noda ( cairan tubuh manusia lainnya ) di sepul terlebih dahulu.
-          Pencucian
Linen yang telah ditimbang dan disesuaikan dengan jenis kotoranya dimasukan kedalam mesin cuci yang sesuai dengan kapasitas mesin yang ada.
-          Pengeringan
Linen yang telah dicuci dipilah dan dikeringkan kemesin pengering
-          Penyetrikaan linen.
Linen yang telah dikeringkan disetrika sesuai dengan jenisnya
-          Pelipatan
Linen yang telah disetrika dilipat dengan terampil dan rapi.
-          Penyusunan
Linen yang telah selesai dilipat disusun dan disimpan  didalam lemari penyimpanan linen dengan menggunakan metode  fivo service.

Dengan sarana penunjang yang memadai diantaranya penampungan air yang berkapasitas 200 m³ , yang berarti bila mengalami gangguan suplai air , laundry masih dapat melakukan aktifitas pencucian. Selain itu untuk pengelolaan limbah laundry mempunyai Water Treatment Plant (WTP) sendiri sebelum akhirnya disatukan dengan limbah rumah sakit lainnya sehingga tidak ada pencemaran dengan lingkungan sekitar.
Humas@Yeri.

3 komentar:

  1. tolong donk humas rmh sakit umum palembang. dicek karyawan2 rmh sakit nya bagian lematan indah 1. kenapa bapak ku tidak boleh masuk kamar itu.sedangkan bpjs nya kelas 1

    BalasHapus
  2. tolong donk humas rmh sakit umum palembang. dicek karyawan2 rmh sakit nya bagian lematan indah 1. kenapa bapak ku tidak boleh masuk kamar itu.sedangkan bpjs nya kelas 1

    BalasHapus
  3. Salam sukses dari kami
    untuk anda yang membutuhkan mesin pengering, setrika uap, konversi, dan perlengkapan laundry lainnya silahkan menghubungi kami di web www.bospengering.com atau langsung telpon kami ke 081221673020; pin bb 59F141F2, Line : Bospengering, Facebook : Bos Pengering

    BalasHapus