Selasa, 30 Agustus 2016

Good Clinical Practice



PELATIHAN GOOD CLINICAL PRACTICE


Rumah sakit sebagai salah satu tatanan pelayanan kesehatan mempunyai fungsi penyelenggaraan penelitian dan pengembangan serta penapisan teknologi bidang kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan etika ilmu pengetahuan bidang kesehatan

Peningkatan dan pengembangan upaya kesehatan yang dilakukan rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dasar masyarakat Penelitian yang biasa dilakukan di rumah sakit merupakan jenis penelitian klinis yang memerlukan kaidah-kaidah dalam perencanaan maupun dalam pelaksanaannya.

Good Clinical Practice (GCP) merupakan sertifikasi yang harus dimiliki oleh para dokter pendidik klinis dan tim etika penelitian sehingga memiliki kemampuan dalam bidang uji klinik dan merupakan perilaku aktif dalam praktek uji klinis di rumah sakit.  

Diklat RSUP Dr. Mohammad Hosein Palembang bekerjasama dengan Prodia the CRO serta asosiasi uji klinik independen di Indonesia yaitu The Indonesian Association for the study of Medicinals (IASMED) pada tanggal 30 Agustus 2016  s/d 01 Sept 2016 bertempat di Instalasi Diklat RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatnya kemampuan SDM terutama pendidikan klinis dan dasar di lingkungan RSMH – FK Unsri dalam bidang etik penelitian.

1.      Meningkatnya pemahaman para karyawan dalam pengenalan GCP dan peran dalam riset klinis
2.      Meningkatnya kemampuan para karyawan dalam pengisian formulir laporan kasus dan laporan efek samping
3.      Meningkatnya pemahaman para karyawan tentang aturan dan tanggung jawab peneliti
4.      Meningkatnya pemahaman para karyawan dalam melakukan verifikasi dokumen dan monitoring

Peserta Sebanyak 100 orang Terdiri dari Dokter Pendidik Klinik dan Tim Etika Penelitian FK Unsri - RSMH Palembang dengan narasumber adalah Prof. DR. dr. Rianto Setiabudy, Sp.FK(K), DR. Ida Paulina Sormin, M.Si, Apt dan Tim. 



Liputan: Suhaimi (humas RSMH)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar