Senin, 14 September 2015

PENYAKIT TUMOR MATA


TUMOR MATA

Dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia terdapat 14 Rumah Sakit Rujukan Nasional salah satunya adalah Rumah Sakit Umum Pusat Dr.Mohammad Hoesin Palembang , dengan salah satu program unggulannya adalah penanganan PENYAKIT  TUMOR pada manusia.Dalam arti kata bahwa semua kasus tumor yang ada akan dapat dilakukan pengobatan sampai tuntas di Rumah Sakit Mohammad Hoesin ini dan penderita tidak perlu lagi dirujuk ke tempat lain misalnya rumah sakit di pulau Jawa, oleh karena semuanya sudah dapat dilakukan di rumah Sakit  ini.
Wartawan RSMH berkesempatan mewawancarai salah satu narasumber untuk penyakit Tumor Mata ini beliau adalah dr.H.Ibrahim, Sp.M (K). Ditemui diruangan kerjanya di Departemen Mata dokter yang murah senyum ini mengatakan bahwa Tumor ganas atau KANKER di Indonesia saat ini mempunyai kecenderungan prevalensinya yang meningkat. Dari data yang ada pada tahun 2008 di rumah sakit seluruh Indonesia , penyakit kanker menyebabkan 4.332 meninggal dengan case fatality rate (CFR)  4,70 %. Setiap tahunnya 100 kasus baru terjadi diantara 100.000 jiwa penduduk.Meningkatnya pengguna rokok (57 juta orang), konsumsi alkohol, kegemukan atau obesitas, penggunaan bahan kimia karsinogenik dalam makanan, kurangnya aktifitas fisik/ olahraga juga berperan dalam peningkatanan kejadian kanker di INDONESIA. Tumor dari seluruh tubuh manusia menurut penelitian Oemiati at al tahun 2011 , tumor pada mata ,otak,dan system saraf pusat (SSP) mempunyai angka 3,8-8,5 persen dari seluruh kejadian tumor yang ada.
Tumor ganas atau KANKER pada manusia merupakan penyakit penyebab kematian kedua yang memberi kontribusi 13 persen kematian dari 22 persen kematian akibat penyakit tidak menular utama di Indonesia. Dampak penyakit tidakmenular khususnya penyakit kanker terhadap ketahanan sumber daya manusia sangat besar karena selain menyebabkan kesakitan dan kematian juga menurunkan produktivitas. Angka kesakitan dan kematian tersebut sebagian besar terjadi pada penduduk dengan sosial ekonomi menengah ke bawah.
Tumor mata merupakan penyakit dengan multifactor yang terbentuk dalam jangka waktu lama  dan mengalami kemajuan melalui stadium berbeda-beda.Faktor nutrisi merupakan satu aspek yang sangat penting, komplek,dan sangat dikaitkan dengan proses patologis tumor. Secara umum, total asupan berbagai lemak (tipe yang berbeda-beda dari versi lemak) bisa dibandingkan dengan peningkatan insiden tumor mata.Infeksi virus seperti pada Papiloma dan neoplasia intraepitel pada konjungtiva juga merupakan penyebab utama.Selain itu radiasi sinar  Uv juga menyebabkan terjadinya tumor pada bagian tertentu di mata.
Tumor  mata  meliputi tumor jinak dan tumor ganas yang dapat meyebabkan gangguan penglihatan ringan sampai berat bahkanpada tumor ganas mata dapat menyebabkan kematian.
Berdasarkan posisinya  tumor mata/orbita di kelompokkan sebagai berikut :                    
 a)  Tumor external yaitu tumor yang tumbuh di bagian luar mata seperti:
§  Tumor palpebrayaitu tumor yang tumbuh pada kelopak mata, misalnya kanker Sel Basal (Basalioma).
§  Tumor konjungtiva yaitu tumor yang tumbuh pada lapisan konjungtiva yang melapisi mata bagian depan (misalnya Karsinoma Sel Skuamosa.).
  b)  Tumor intraokuler yaitu tumor yang  tumbuh didalam  bola  mata
       Contoh: Retinablastoma  ( RB ). Jenis ini adalah tumor ganas retina  dan meruparkan  tumor primer         bola mata  terbanyak pada anak.       
  c)  Tumor retrobulber  yaitu tumor yang  tumbuh dibelakang  bola mata.

Mengakhiri  perbincangan kami siang itu dr.H.Ibrahim mengatakan bahwa   penatalaksanaan dini dan efektif dari kasus tumor pada umumnya dan khususnya tumor di mata dan sekitarnya tergantung dari ketepatan diagnosanya. Dokter mata yang berpengalaman ,ditunjang sarana dan prasarana yang mutakhir diharapkan angka kesakitan dan kematian akibat tumor mata ini dapat ditekan seminimal mungkin.
Harapan dokter sama dengan harapan kita semua yaitu  menurunkan angka kesakitan dan kematian, RSMH terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik dan bermutu. Tentunya ini perlu dukungan dari semua pihak dan berbagai lapisan masyarakat.
Semoga informasi dari kami bermanfaat yaa...terus hidup sehat..!!
Wartawan RSMH @Yeri_humas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar