Senin, 14 September 2015

Sekilas ttg Humas



Humas dan Pelayanan Rumah Sakit
                              
Masalah yang sering timbul di rumah sakit adalah akibat komunikasi yang kurang baik antara petugas dan pasien. Dalam hal ini peran humas rumah sakit sangat strategis dalam upaya mensosialisasikan hak dan kewajiban pasien serta hak dan kewajiban Rumah Sakit

Humas rumah sakit diharapkan ikut mensosialisasikan kewajibannya dan memperhatikan hak pasien dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan pasien Dengan demikian tidak terjadi masalah yang bisa menurunkan citra rumah sakit.                  
                                                                                       
Tugas humas antara lain melakukan komunikasi internal dengan karyawan dan melakukan komunikasi eksternal dengan pasien/keluarga pasien, penjamin biaya, serta media massa. Dalam situasi normal, humas bertugas mengawal opini publik mengenai jati diri dan citra rumah sakit agar bersifat positif.


Dalam situasi krisis, humas bertugas menghadapi, mengatasi, membendung, memulihkan, dan mengembalikan kepercayaan masyarakat kepadar rumah sakit  Adapun di situasi luar biasa, humas harus mampu menghadapi tekanan para pencari berita, dan menjaga agar citra rumah sakit tetap baik.

Dalam kenyataan, pasien cenderung pasrah dan mempercayakan diri dan kesembuhannya pada dokter. Dan juga  kesenjangan pengetahuan antara dokter dan pasien masih sangat lebar. Ketidaktahuan pasien akan standar pelayanan, standar prosedur operasional, standar profesi, etika profesi membuat posisi pasien menjadi lemah. Dalam hal ini humas berperan mengkomunikasikan kebijakan manajemen rumah sakit pada pasien,sebaliknya juga keinginan atau pendapat pasien pada manajemen rumahsakit.


Salah satu peran humas rumah sakit yang terpenting dimata pasien adalah dalam upaya menyelesaikan keluhan pasien. Dalam menindaklanjuti ketidakpuasan dan keluhan pasien, sebaiknya tidak dengan cara defensif, melainkan menunjukkan upaya memperbaiki pelayanan. Kepuasan pasien terhadap respons yang diberikan rumah sakit akan sangat menentukan persepsi pasien terhadap rumah sakit serta citra rumah sakit dimata masyarakat.
Demikianlah sekilas tentang  Humas merupakan ujung tombak dan garda terdepan Pelayanan Rumah Sakit

By, Suhaim@Humas


1 komentar:

  1. Yuk Ikutan Taruhan PG SlOT
    Klaim Bonus Member Baru 15%
    Hanya di Zeusbola ya!

    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607




    BalasHapus