Rabu, 09 September 2015

Asap





Kabut Asap




Dr Zulkhair Ali Sp PD K-GH, spesialis penyakit dalam RSMH Palembang mengatakan, faktor kesehatan yg sangat dipengaruhi oleh asap adalah penyakit saluran nafas atau ISPA dan mata. Sehingga masyarakat seharusnya diminta waspada dan sebaiknya tidak terlalu sering melakukan aktivitas di ruangan terbuka, memakai masker yang standar dan kacamata pelindung. "Banyak minum air putih dan bila perlu suplemen tambahan,"katanya.

Dengan banyak mengkonsumsi air putih, bisa memperlancar pencernaan. Air putih dapat membuat pencernaan menjadi lebih sehat dan juga lancar. Orang yang rutin meminum air putih setiap harinya dapat terhindar dari sembelit ataupun gangguan pencernaan lainnya.

Manfaat dari air putih yang lainnya yaitu bisa membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh, bahwa 90 persen tubuh terdiri dari cairan, jadi sebisa mungkin kebutuhan air dalam tubuh harus dipenuhi. "Dengan terpenuhinya kebutuhan air dalam tubuh bisa menjadikan metabolisme dalam tubuh tetap terjaga dengan baik,"ungkapnya.
Sedangkan, suplemen tambahan yang bisa di konsumai yakni vitamin C yang bisa di dapat dari makanan alami seperti buah-buahan atau sayuran yang kaya akan vitamin C atau bisa juga mengkonsumsi Vitamin C berupa suplemen yang sudah dikemas berupa tablet maupun minuman yang banyak dijual dipasaran.

Vitamin C memiliki sifat yang mudah larut di dalam air dan jika tubuh sudah cukup menyerap vitamin ini maka vitamin C akan dibuang menjadi air seni dalam waktu 24 jam, karena rasanya yang asam tidak semua orang bisa dengan leluasa mengkonsumsi vitamin C ini dalam dosis yang tinggi. "Jika lambung tidak tahan dapat mengurangi dosisnya atau bisa mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin C," tambahnya.

Vitamin C, kata dia, juga sebagai pemulihan dan daya tahan tubuh, Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat penting karena dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit serta memulihkan kondisi tubuh setelah melakukan aktifitas atau kegiatan sehari-hari agar tubuh kembali fit.

Bisa juga membantu proses pertumbuhan, vitamin C sangat dibutuhkan untuk proses pertumbuhan tubuh serta memperbaiki jaringan di dalam tubuh, seperti membantu penyembuhan luka, memelihara kesehatan gigi dan tulang. Selain itu membantu membentuk colagen, protein untuk pembentukan kulit, ligamen, tendon serta pembuluh darah,"pungkasnya. (irma + suhaimi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar