Jumat, 11 September 2015

Sosok yang banyak menginspirasi banyak orang...ingin mengenal lebih jauh...PROF.DR.ALI GHANIE, Sp.PD, KKV



Mengenal Lebih dekat Sosok PROF.DR.ALI GHANIE, Sp.PD, KKV

Kesan pertama yang ditangkap dari perbincangan siang itu adalah beliau orang  yang hangat, bersahabat dan humble.Sebenarnya topik siang itu adalah tentang kerjasamanya dengan negara Jepang tentang transfer knowledge  ke negari sakura tersebut , tetapi topik meluas sampai ke politik bahkan gaya hidup sehat ala Prof.Ali Ghanie.
 
Saya tertarik dengan obrolannya, disela-sela aktifitasnya yang padat beliau menyempatkan diri untuk diwawancara menceritakan sekelumit kisahnya.
Bukan hal yang mudah untuk menjalin kerjasama dengan pihak asing ,namun berbekal dengan hubungan personal yang baik dan telah cukup lama antara dirinya dengan pihak luar. Beliau tidak ingin mengatakan ini adalah salah satu bentuk dari kerjasama namun ini adalah bentuk dari transfer knowledge, dimana untuk beberapa kasus yang beliau anggap sulit untuk dilakukan akan di transfer knowledge ke negara Jepang tersebut.

Sebelum ke negara Jepang, Departemen Penyakit Dalam telah mengadakan sebuah kerjasama dengan negara Malaysia yaitu Institut Jantung Negara (IJN) atau National Heart Institute , beberapa staf nya bahkan telah mengikuti pendidikan “ Invasive Cardiovascular Laboratory Training “ November 2006 silam terbukti dengan sertifikat yang dimiliki. Berbekal dengan pendidikan yang telah dimiliki serta pengalamannya beliau terus mengeksplorasi kemampuan yang dimilikinya, salah satunya dengan melakukan transfer knowledge ke negeri sakura tersebut. Beberapa pasien telah dikirim untuk dilakukan tindakan ke sana, tidak ada rumah sakit yang ditunjuk secara resmi, dengan mengandalkan hubungan personal yang baik beliau yakin langkah yang ditempuhnya akan membawa dampak yang baik kedepannya di dunia kesehatan maupun dunia kedokteran. (RSMH tentunya ya Prof....)

Profesor yang juga memiliki profesi lain disela-sela aktifitasnya mengobati pasien yaitu sebagai “arsitek” ini menceritakan rencana kedepan beliau akan mengembangkan pusat stem cell, Stem Cell adalah sel induk yang berfungsi untuk membentuk sel baru, dengan kata lain terapi ini bersifat meregenerasi sel-sel yang telah mati dan menggantinya dengan sel yang baru. Dengan stem cell resiko terkena infeksi semakin kecil sebab tidak ada penolakan oleh tubuh terhadap sel baru tersebut. Bahkan efek samping stem cell justru bisa mengatasi masalah penuaan atau memberikan efek antiaging. Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan Stem Cell ini seperti kelumpuhan, Kanker, dan DM. Tetapi sayangnya dengan prosedur yang rumit serta biaya terapi yang tergolong mahal tidak banyak pasien yang berkesempatan menjalani terapi ini. Mudah-mudahan dengan rencananya kedepan, pria penyuka rumput ini bisa membawa terapi ini ke kota Palembang dan membangun pusat pengobatan Stem Cell ini.

Hmmm...benar-benar sosok  yang menginspirasi banyak orang yaa...kita tunggu saja gebrakan apa lagi yang akan dilakukan oleh seorang Prof.Dr. Ali Ghanie, Sp.PD, KKV.
 Yeri@...........

8 komentar:

  1. Semoga cita cita Prof Ali segera terwujud, aamiin

    BalasHapus
  2. Saya mengenal beliau sejak beliau masih SMA. Bersepeda dr Sungai Buah sampai SMA 2 puncak sekuning. Baju dan celana putih. Jago volley. Santun. Semoga beliau tetap sehat dan dapat mencapai keinginan utk kemajuan dalam bidang kesehatan.

    BalasHapus
  3. Sll mendapat energi baru jika ngobrol dg Prof. Ali dan kita jadi lupa dg segudang masalah yg kita pikul dipundak. spt tanda2 org2 pengikut Rasullallah saw. Terlihat tanda2 sujudnya. (Bukan dari kening yg hitam tp dari tingkah laku dan tutur katanya).

    BalasHapus
  4. Beliau sangat santun dengan Guru-gurunya dan selalu ingat dengan guru-gurunya....maupun keluarga gurunya...

    BalasHapus
  5. Cendekiawan, ramah dan hangat...

    BalasHapus
  6. Terima kasih Ya Allah... Terima kasih Prof... Insha Allah pertemuan dengan sang Prof tadi menjadi awal yang baik bagi kesehatan ayah kami... Aamiin Yaa Robbal Alamin...

    BalasHapus