Selasa, 24 September 2019

WASPADA !!! BENCANA KABUT ASAP


TIM GAWAT DARURAT BENCANA ASAP RSMH PALEMBANG LAKUKAN SOSIALISASI DAMPAK KABUT ASAP DAN  MEMBAGIKAN MASKER 

Kabut asap makin pekat dan kualitas udara semakin tidak sehat  RSUP dr.Mohammad Hoesin Palembang mengambil langkah untuk melakukan sosialisasi ancaman penyakit dibalik kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)  diwilayah Sumatera dan Kalimantan  dan membagi-bagikan masker. Dampak dari buruk kualitas udara akibat karhutla dirasakan oleh masyarakat, khususnya anak-anak sekolah yang diliburkan akibat kabut asap ini.
Berdasarkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) adalah laporan kualitas udara untuk menerangkan seberapa bersih atau tercemarnya kualitas udara serta dampaknya terhadap kesehatan, kota Palembang di nyatakan pada level BERBAHAYA. Sosialisasi ini dilakukan oleh  tim gawat darurat bencana kabut asap RSMH yang terdiri dari dr.Fifi Sofia,Sp.A (K), dr.Azwar Aruf, Sp.A, dr.Zen Ahmad,Sp.PD,KP,dr.Yoan Levia Maghdi,Sp.THT-KL dan dokter lainnya pada acara RSMH Menyapa Pelanggan pada Selasa , 24 September 2019 di Taman Edukasi Publik RSMH Palembang.
Menurut Direktur Medik dan Keperawatan dr.Zubaedah, Sp.P,MARS yang membuka acara tersebut menjelaskan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan, dengan menghindari atau mengurangi aktifitas di luar gedung/rumah, bilapun harus bepergian gunakan selalu masker serta konsumsi air putih dan makan makanan yang bergizi.
Sementara itu dalam kesempatan yang sama, dr.Fifi menjelaskan akan dampak dari kabut asap ini antara lain penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), memicu serangan asma dan penyakit jantung, serta penyakit paru obstruktif kronis, bisa juga menyebabkan iritasi mata.
Masyarakat diminta untuk waspada bila ada keluhan seperti demam, sakit kepala , batuk sakit pada tenggorokon, hidung berair atau tersumbet serta sesak nafas untuk berkonsultasi dengan dokter atau mendatangi layanan kesehatan terdekat.
Beberapa langkah untuk pencegahan diantaranya stop melakukan pembakaran hutan maupun membakar sampah dan tidak merokok,sehingga udara akan terhindar dari pencemaran akibat kabut asap.  


1 komentar:

  1. admin numpang promo ya.. :)
    cuma di sini tempat judi online yang aman dan terpecaya di indoneisa WA : +85587781483

    BalasHapus