Jumat, 26 Juli 2019

PENTINGNYA DETEKSI DINI KANKER ANAK



PENTINGNYA DETEKSI DINI KANKER ANAK
Seminar Ilmiah di RSMH , Tema “UPDATE ON CANCER MANAGEMENT”

Angka kejadian kanker pada anak di Indonesia dgn jumlah penduduk 240 juta jiwa terdapat kurang lebih 11000 kasus baru pertahun.sebagian besar dari keluarga prasejahtera hal ini lah yg mengundang keprihatinnan berbagai pihak salah satunya Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI)  yg merupakan organisasi terdiri dari perkumpulan bbrp orangtua penderita kanker.
Untuk meningkatkan kepedulian dan mendeteksi dini penyakit kanker pada anak maka diadakan seminar ilmiah “ PENINGKATAN DETEKSI DINI KANKER PADA ANAK”  sabtu (27/07/2019) di ruang Aula Gedung Utama RSMH Palembang.

Peserta acara seminar ini terdiri dari tenaga kesehatan dokter / perawat perwakilan dari RS / Puskesmas sekota Palembang, acara pembukaan di hadiri oleh Direktur Utama ,Direktur Umum,SDM dan Pendidikan , Pengurus YOAI, serta para undangan lainnya.

Hadir sebagai Narasumber Seminar ini adalah  
1.dr. Endang Windiastuti, Sp.A(K) ; Topik: Pengenalan Gejala dan Tanda Kanker Pada Anak
2.Prof. DR. dr. Rita Sitaurus, SpM(K)  ;Topik: Retinoblastoma
3.dr. Rusdianto, SpM(K)  ; Topik: Situasi Retinoblastoma di Sumsel
4.dr. Dian Puspita Sari, Sp.A(K), M.Kes  ; Topik: Leukemia pada Anak
5.dr. Mochammad Ridho Nur Hidayah, SpOT  ; Topik: Kanker Tulang pada Anak

Direktur Umum, SDM dan Pendidikan  dr.Msy.Rita Dewi ,Sp.A (K) ,MARS dalam kata sambutannya mengatakan bahwa  Onkologi merupakan salah satu layanan unggulan RSMH, diharapkan dgn acara seminar ini, sebagai  transfer of knowledge bagi sesama tenaga Kesehatan  utk dapat mendeteksi dini penyakit kanker pada anak-anak  dan diatasi bersama, karena anak-anak  merupakan masa depan kita , generasi penerus bangsa.

Dr.Rita juga Mengapresiasi keberadaan YOAI , sebagai salah satu organisasi yaang membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan anak dibidang kesehatan khususnya menanggulangi penyakit kanker pada anak di Indonesia khususnya di Sumatera selatan.

Kanker bukanlah penyakit yang asing di telinga kita, keganasannya yang mampu mengakibatkan kematian.Namun demikian kanker sebenarnya dapat disembuhkan apabila kita dapat mengetahui gejalanya sejak dini dan dilakukan perawatan yang tepat. Kanker pada anak lebih sulit untuk dideteksi karena pada umumnya anak-anak belum dapat memahami dan menceritakan gejala yang dirasakannya. Sehingga dengan adanya seminar ini dapat memberikan informasi yang cukup bagi peserta untuk mengetahui gejala-gejala kanker pada anak.

(Laporan Humas RSMH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar