Selasa, 01 Mei 2018

Pelatihan Keperawatan Geriatri di RSMH



Pelatihan Keperawatan Geriatri di RSMH
Untuk  mendukung peningkatan pelayanan, khususnya pelayanan geriatri

Dalam upaya mendukung peningkatan pelayanan, khususnya pelayanan geriatri dipelukan peningkatan dalam segi kualitas SDM, terutama SDM keperawatan yang akan terlibat langsung  dan berinteraksi secara terus menerus selama 24 jam di samping pasien. Instalasi  Diklat bekerjasama dengan Bidang Pelayanan Keperawatan mengajukan mengadakan pelatihan Keperawatan Geriatri Pelatihan Pelatihan yang diukuti 32 orang peserta ini bertujuan  untuk meningkatkan kemampuan staf dalam memberikan asuhan keperawatan pada geriatri  secara holistik

Indah Nurmala Dewi,SKP, MHNS, ETN  sebagai Ketua panitia/ Ka.Bidang Keperawatan dan mewakili Direktur Utama membuka secara resmi Pembukaan Pelatihan Geriatri  di Aula lt.2 Diklat RSUP Dr. Moh.Hoesin Palembang, pelatihan ini juga dihadiri oleh Ka.Instalasi Diklat Drs. Agus Widi,MM dan Tim dengan Nara Sumber : Dari Ikatan Perawat Komunitas Indonesia antara lain : Citra Windani Mambang Sari,S.Kep,Ns,M.Kep (Bandung), Iwan Rusdi,S.Kp,MNS ( Medan), DR.Ni Made Riasmini,M.Kep,Sp.Kom ( Jakarta),  Anna Kasfi, S.Kep,Ns ( Medan).
Dalam sambutannya,  sekaligus membuka acara secara resmi, Ibu Indah Nurmala Dewi,SKp,MHNS,ETN menyampaikan bahwa tujuan pelatihan adalah meningkatkan kompetensi perawat dalam hal :
1. Memahami prinsip Etik,legal dan budaya dalam melakukan intervensi keperawatan geriatric.
2. Memahami pelayanan prima dalam praktik keperawatan getiatric.
3.Memahami konsep proses menua dalam asuhan keperawatan geriatri.
4. Mampu memberikan asuhan keperawatan pada lansia dengan menggunakan komunikasi terapetik dan sikap caring.
5. Mampu memenuhi kebutuhan lansia dengan memperhatikan aspek patient safety.
6.Mampu memberikan asuhan keperawatan pasien geriatri dengan resiko infeksi,gangguan keseimbangan,resiko jatuh dan imobilitasi.
7.Mampu memberikan pendidikan kesehatan pada lansia.

Pelatihan ini dilaksanakan berdasarkan data Biro Statistik Tahun 2014, umur Harapan Hidup (UHH) di Indonesia untuk wanita adalah 73 tahun dan untuk pria adalah 69 tahun. Badan Perencanaan  Pembangunan Nasional memproyeksikan umur harapan hidup di Indonesia pada tahun 2025 dapat mencapai 73,6 tahun.Pelayanan Geriatri merupakan salah satu program nasional yang harus didukung oleh semua pihak.  RSUP Dr. Moh.Hoesin Palembang merupakan Rumah Sakit tipe A Rujukan Nasional untuk itu bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan Geriatri sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No.79 tahun 2014 tentang penyelenggaraan pelayanan Geriatri di Rumah Sakit.

( Anie Gumay )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar