Minggu, 20 Desember 2015

SEMINAR "PATIENT EDUCATION : KIDNEY TRANPLANTATION “


SEMINAR "PATIENT EDUCATION : KIDNEY TRANPLANTATION “






Serangkaian kegiatan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT RSMH yang ke-59 , diantaranya seminar untuk pasien ginjal dan keluarganya, serta masyarakat awam dengan topik “ PATIENT EDUCATION : KIDNEY TRANPLANTATION “ dilaksanakan pada hari Minggu, 20 Desember 2015 pukul 08.00 Wib S.d pukul 12.00 Wib, bertempat di Gedung Grand Atyasa  Jln. Musi Raya No.23 palembang. Peserta seminar ini diikuti oleh perawat Hemodialisis, pasien Hemodialisis, dan pasien transplantasi ginjal.  Acara ini dihadiri oleh  Direktur Utama RSMH, Direktur RS Charitas, Direktur RS Pusri, Kepala BPJS Regional dan Cabang Utama Palembang. Seminar ini terlaksana dengan baik berkat kerjasama Divisi Nefrologi dan Hipertensi Bagian Ilmu Penyakit Dalam FK UNSRI dan RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang. Tujuan dari seminar ini adalah untuk memberikan informasi serta edukasi terapi Transplantasi Ginjal kepada penderita ,keluarga serta masyarakat.
Ketua panitia Dr.dr.Zulkhair Ali, Sp.PD,K-GH,FINASM mengatakan dalam kata sambutannya, seminar ini adalah sebagai salah satu bentuk persiapan RSMH yang akan melaksanakan tindakan Transplantasi Ginjal untuk pertama kalinya pada bulan Januari 2016 mendatang.
Direktur Utama RSMH Dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH mengatakan bahwa saat ini fasilitas yang tersedia di RSMH  termasuk paramedis sudah cukup mampu melakukan operasi cangkok ginjal, Setidaknya ada 5 orang dokter ahli yang dimiliki RSMH yang mampu melakukan transplantasi ginjal pada pasien gagal ginjal kronis, untuk tindakan itu tim dokter gabungan merupakan ahli ginjal, ahli urologi, ahli bedah, dan ahli penyakit dalam. Kesemua dokter ahli itu sudah dimiliki RSMH. Saat ini layanan unggulan di RSMH adalah Jantung dan Syaraf, Onkologi terpadu,Bedah Minimal Invasive,  Transplantasi Ginjal  dan Bayi Tabung. Saat ini RSMH memiliki 50 mesin cuci darah dan jadwal cuci darah pasien selalu penuh bahkan pasien harus mengantre untuk mendapatkan pelayanan Hemodialisis ini,  karena itu dengan melakukan tranplantasi ginjal ini tentu akan menekan pasien dengan ketergantungan cuci darah.
Dengan kesiapan RSMH melakukan tindakan Transplantasi Ginjal ini, maka mulai bulan Januari 2016 nanti, pasien tidak perlu dirujuk ke Jakarta atau ke luar negeri sekalipun  karena RSMH telah mampu melakukan tindakan cangkok ginjal.” Kata Dr.Syahril dengan optimis.
Adapun narasumber yang akan mengisi seminar ini adalah Dr.Novadian,Sp.PD,KGH,FINASIM dengan tema “Perjalan Klinis Penyakit  Ginjal” dan Dr.Ian Effendi,Sp.PD,KGH,FINASIM  dengan tema “ Seluk Beluk Transplantasi Ginjal” dengan moderator  Dr.dr.Zulkhair Ali, Sp.PD,K-GH,FINASM, seminar berlangsung dengan meriah dengan hadirnya testimoni pasien dan calon donor ginjal  yang akan cangkok perdana pada  bulan Januari 2016.
Sedikit informasi mengenai pendonor ginjal , kata  Dr.Ian Effendi,Sp.PD,KGH,FINASIM bisa berasal dari keluarga atau non keluarga, yang tentunya memiliki keinginan untuk mendonor secara sukarela, motivasi yang kuat utnuk menolong, tidak dibenarkan bila ingin memperoleh imbalan uang atau yang lain. Selain itu seorang pendonor ginjal harus mengikuti tahapan sreening untuk melihat tubuhnya sehat atau tidak , serta tidak memiliki penyakit yang menular agar ketika dicangkok ginjal baik dan sehat. Umur pendonor tidak boleh dibawah 18 tahun ataupun melebihi umur 65 tahun, lebih  baik lagi jika pada usia yang masih produktif.
Humas:@Yeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar