Minggu, 20 Desember 2015

RSMH Menggelar Acara Khitanan Gratis Dalam Rangka HUT ke-59








KHITANAN  GRATIS DALAM RANGKA HUT RSMH KE-59 

Halaman Instalasi Diklat pagi itu ramai dikunjungi oleh anak-anak, Minggu 20 Desember 2015 . Kedatangan anak-anak yang didampingi orangtuanya itu tidak lain untuk mengikuti khitanan massal gratis. Khitanan massal digelar dalam rangka memperingati HUT RSMH yang ke-59.
Para peserta khitanan berasal dari keluarga pegawai dan masyarakat sekitar sebanyak  100  anak. Anak-anak tersebut ditangani oleh tenaga medis dan para medis  yang handal dan terpercaya. Raut wajah antusias dan bersemangat terpancar di wajah mungil mereka seraya tak sabar menanti nomor urut mereka dipanggil panitia untuk memasuki ruang khitan. Selain tidak dipungut biaya peserta khitanan massal mendapatkan bingkisan berupa sarung, peci, uang saku  serta snack.
 Kerjasama antara DWP RSMH dengan RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang. Hadir dalam acara tersebut Direktur Utama RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang beserta jajaran, Ibu Ketua dan pengurus Dharma Wanita Persatuan RSMH, Pejabat Struktural dan Fungsional, dan tak lupa panitia khitanan baik dari tim Medis maupun para medis.
Dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH dalam kata sambutannya mengatakan bahwa kegiatan sosial  khitanan massal ini adalah rangkaian peringatan HUT RSMH ke-59  dan bentuk dari kepedulian serta pengabdian RSMH  kepada para pegawai  dan masyarakat sekitar.” Katanya.
Ketua Dharma Wanita Persatuan RSMH Dr.Fatinah Tsuraya,M.Kes mengatakan ,”Bahwa khitan adalah sunah Rasulullah SAW, dan jalan menuju hidup sehat. Resiko penyakit kanker alat kelamin jika tidak di sunat, dan agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan menjalankan pola hidup sehat. Khitanan massal ini sangat membantu, dan dengan acara ini diharapkan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bagi masyarakat yang kurang beruntung,” ujar istri orang nomor satu di RSMH.
Ketua Tim Medis acara Khitanan ini Dr.Marta Hendri,Sp.U mengatakan Khitan  menurut bahasa berarti memotong atau mengkhitan, sedangkan menurut istilah khitan adalah memotong kulup (ujung kulit kelamin laki-laki) yang menutupi zakar. Bertujuan agar mudah ketika membersihkan kotoran dari sisa air seni yang menempel pada kulit dalam tersebut.
Menurut dr.Marta , ujung kelamin dapat menghimpun berbagai penyakit. Untuk menghindarkannya alat kelamin perlu dikhitan, melalui khitan selain dapat mensucikan diri dari najis juga menghindarkan diri dari penyakit.
Dr.Marta dan tim, sukses melakukan khitan terhadap 100 orang anak yang telah mendaftar sebagai peserta khitan gratis di RSMH Palembang, dengan kegiatan sosial ini diharapkan akan terus berlanjut dengan kegiatan-kegiatan yang lain yang tentunya  bermanfaat.

Bravo RSMH...!!!
Humas@Yeri + Rita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar