Selasa, 24 Mei 2016

Public Relation



Semua Karyawan adalah Public Relation bagi Instansinya

Dengan semakin majunya sebuah organisasi, maka peranan public relation  atau humas menjadi bagian yang cukup penting kerena humas merupakan ujung tombak bagi suatu organisasi

Dalam rangka menambah wawasan bagi semua leader di lingkungan Rumah sakit Umum Dr. Mohammad Hoesin Palembang, Humas bekerjasama dengan Diklat RSMH Palembang mengadakan workshop yang dibuka langsung oleh Direktur Utama RSMH Palembang Dr.Mohamad Syahril, SpP, MPH dengan narasumber Anjari Umarijianto, S.Kom,SH,MARS (Kasubag Opini Publik KEMENTERIAN Kesehatan)

Dalam materi yang disampaikan bahwa semua sumber daya manusia di rumah sakit adalah Public Relation jadi bukan hanya sumber daya manusia humas saja sebagai public relation. Dengan semakin berkembangnya tehnologi informasi maka dapat dijadikan sebagai salah satu alat bagi humas untuk mempromosikan rumah sakit, karena dengan media tersebut dapat membangun opini publik positif yang pada akhirnya terbentuk citra positif.
Dalam menaggapi berita yang negatif pun harus  dapat dikelolah dengan baik sebab badnews bisa menjadi berkah karena rumah sakit diberi kesempatan untuk memecahkan masalah yang pada akhirnya dapat membangun suatu kepercayaan


Pada workshop tersebut direktur Medik dan Keperawatan Dr.dr.M.Alsen Arlan Sp.B(KBD), MARS menyampaikan tentang Komunikasi yang efektif, sebab sebagai pelayan kesehatan kita harus mampu menerapkan komunikasi secara efektif, karena pasien yang kita layani berbeda latar belakang  pendidikan dan budaya, sehingga untuk memberikan pelayanan yang baik harus menyentuh hatinya denagn cara melayani dengan baik dan bijaksana, intonasi cara berbicara yang bersahabat, tutur kata yang sopan, ramah dan mudah dipahami karena mengunakan bahasa umum bukan bahasa medis yang sulit dipahami
Narasumber berikutnya adalah dr. Syadra bardiman Sp.PD menyampaikan bahwa dalam melayani kita harus ikhlas karena apapun yang kita kerjakan mejadi  ibadah jadi layanilah pasien denga penuh keikhlasan tanpa memandang status sosialnya sehingga pasien tersebut tenang, yakin dan percaya  dengan pelayanan yang kita berikan hal ini dapat meningkatkan kepercayaan kepada RSMH  dengan demikian  citra positif RSMH Palembang  semakin baik

Dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman seluruh karyawan karyawati tenang peran dan fungsi public relation di rumah sakit


Suhaimi/hidayati(IP3Humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar