Sabtu, 21 Mei 2016

Dokter Peduli rakyat miskin



Operasi Bibir Sumbing dan Hidrosefalus Gratis
Dalam Rangka Memperingati Hari Kebangkitan nasional

Tim RSMH Palembang yang terdiri dari  20 dokter ahli (spesialis) dan 30 dokter umum melakukan aksi sosial pengobatan di Kabupaten Banyuasin dalam rangka Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Peduli dan Hari Kebangkinan Nasional 20 Mei 2016.

Dengan tanpa dibayar sepeser pun, dr Ikmal Perlianta SpBP-RE dan rombongan, Kamis (19/5) melakukan operasi bedah plastik dan merekonstruksi wajah terhadap 11 pasien bibir sumbing dan pasien hidrosefalus, yang semuanya anak-anak dari kalangan keluarga tidak mampu.

Operasi dilakukan di RSUD Banyuasin yang didukung penuh Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuasin, termasuk penyediaan ruang operasi, peralatan dan sarana yang dibutuhkan pasien. Sebelum operasi, relawan medis lebih dahulu berdoa dan satu persatu anak-anak masuk ke ruang pasien.
Seperti pasien atas nama Dekayati (4), Balita ini menderita bibir sumbing dengan dampak bagian kulit mata sisi kiri tertarik sehingga rasa perih dan sakit dirasakan Deka. Namun Warga Desa Air Singris Kecamatan Suaktape ini memiliki harapan baru, wajah akan kembali normal. Setidaknya hal ini diungkapkan Wansah (25), ayah kandung Deka.

"Harapan kami, Deka bisa normal. Dia ini kan perempuan, kasihan dengan masa depannya. Saya takut, kalau dak dioperasi, dia akan minder bergaul dengan temannya," katanya.
Menurut Wansyah, sebagai orangtua, dia ingin sekali mengoperasi wajah anaknya agar sama dengan wajah anak-anak sebayanya. Namun karena tidak memiliki uang, ia hanya bisa bersedih dan pasrah. Namun dengan adanya tawaran operasi gratis, maka ia pun mendaftarkan anaknya."Kasihan anak aku. Aku ingin Deka memiliki wajah normal agar sama dengan yang lain. Aku tetap bersyukur, dan terima kasih sama dokter yang sudah berbaik hati," katanya.

Begitu juga Tim Bedah Hidrosefalus, Dr Agung MudaPati Sp.BS, Dr. Anugrah Oni,Sp.BS dan rekan-rekan  yang melakukan operasi bedah terhadap Julio yang berusia 10 bulan, pengidap Hidrosefalus asal Betung, Kabupaten Banyuasin, di Rumah Sakit Umum Daerah Banyuasin berlangsung sukses. “Kita hari ini laksanakan operasi terhadap Julio, pasien pengidap Hidrosefalus asal Betung, Banyuasin,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuasin, dr Mgs M Hakim ketika ditemui usai kegiatan hari bakti dokter indonesia di RSUD Banyuasin, kemarin (19/5).Dikatakannya, jalannya operasi tersebut berlangsung lancar dan aman, diharapkan akan sembuh seperti sediakala. “Alhamdulilah sukses jalannya operasi tersebut,” katanya.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional merupakan kerjasama Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumatera Selatan dan Dinas Kesehatan Banyuasin


Doc Humas RSMH Palembang
berita  beberapa sumber surat kabar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar